Pesona alam Sabang merupakan salah satu dari yang terbaik di Nusantara. Keindahan pulau yang berada paling ujung Indonesia ini selalu menyimpan hasrat untuk periodik dikunjungi terutama paronama lautnya. Morfologi pantai Pulau Weh yang bervariasi dari berstruktur karang sampai dengan pasir putih merupakan surga ekosistem bagi keanekaragaman biota laut seperti di Gua Sarang. Gua ini terletak di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung Pulau Weh yang menjorok ke laut biru. Di sini disuguhi pesona guratan dinding-dinding gua batu yang berdiri kokoh di kaki tebing dan perbukitan hutan lebat serta jernihnya air laut pulau paling ujung barat Nusantara yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 

Di daratan pulau ini terdapat Kawah Vulkanik Jaboi di mana terbentuk akibat adanya aktivitas panas bumi yang menyebabkan keberadaan fluida-fluida magmatik di bawah permukaan. Di Jaboi disuguhi pemandangan langsung kawah yang masih aktif dengan aliran air hangat yang mengalir di sekitarnya. Panorama alam lainnya yang sangat asri berada di Desa Pria Laot, yaitu air terjun. Wisata Air Terjun Pria Laot ini memiliki kolam berukuran sekitar 10 meter persegi dengan kedalaman antara 1 hingga 1,5 meter. Ketinggian Air Terjun Pria Laot berkisar hanya sekitar 15 meter sehingga tumpahan airnya tak terlalu deras. Air Terjun Pria Laot berhulu di Gunung Sarung Keris yang terletak di selatan Pulau Weh. Sebagian airnya juga bersumber dari Danau Anak Laot yang dialirkan melalui Sungai Pria Laot hingga akhirnya menjadi debit di air terjun ini. Berenang dengan santai sembari menikmati sejuknya udara hutan di tengah rerimbunan pohon akan memberikan nuansa relaksasi.

Untuk menikmati perjalanan wisata ini silahkan mendaftarkan diri melalui http://konteks.id/pendaftaran/ atau silahkan menghubungi kesekretariatan kami via:
Email : tekniksipil@unsyiah.ac.id 
CP : Juliana Fisaini, ST., MT. (wa: +6281377412304)